Thursday 18 February 2016

Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Seperti yang kita ketahui bahwa organ ginjal berperan penting pada tubuh. Jika ginjal kita tidak sehat dapat menyebabkan berbagai penyakit berbahaya. Oleh sebab itu ada baiknya jika kita wajib halnya dalam menjaga kesehatan ginjal.  Untuk menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah dengan menjaga pola makan serta diimbangi dengan pola hidup sehat. Dalam menjaga kesehatan ginjal, seseorang juga perlu mengurangi minum-minuman yang mengandung alkohol.
Dengan mengonsumsi makanan sehat, penyakit pada ginjal ternyata dapat dicegah. Sebagai informasi kepada Anda, pada pembahasan kali ini akan membahas mengenai beberapa makanan yang berguna dalam menjaga kesehatan ginjal. Nah langsung saja untuk mengetahuinya simak pada ulasannya di bawah ini!
Berikut Beberapa Makanan untuk Menjaga Kesehatan Ginjal
Paprika Merah
Paprika merah merupakan salah satu sumber makanan yang baik untuk kesehatan ginjal. Ini dikarenakan jenis sayuran yang satu ini membantu dalam proses menghancurkan limbah yang ada di dalam tubuh. Nah oleh sebab itu dalam menjaga kesehatan ginjal, sebaiknya untuk mencoba mengonsumsi paprika merah ke dalam menu makanan tiap harinya.
Bawang Putih
Bawang putih termasuk ke dalam jenis rempah yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Bawnag putih pastinya tergolong sebagai jenis rempah yang sering ditambahkan ke dalam menu masakan. Namun tahukah Anda bahwa bawang putih ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh salah satunya adalah untuk membantu dalam menjaga kesehatan ginjal. Ini dikarenakan bawang putih mengandung antioksidan yang tinggi sehingga membantu dalam mencegah berbagai penyakit berbahaya serta membantu dalam menjaga kesehatan pada ginjal.
Berries
Buah yang satu ini pastinya banyak yang menyukainya berkat rasanya yang enak. Contoh dari buah berries seperti blueberry, cranberry, dan juga buah strawberry. Buah-buah jenis berries ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang sangat bermanfaat dalam mencegah radikal bebas pada tubuh. Selain itu jenis buah-buahan ini juga baik untuk kesehatan ginjal. Ini dikarenakan kandungannya anti inflamasi yang mampu membantu dalam mengurangi peradangan serta mampu dalam meningkatkan kerja pada kandung kemih.
Putih Telur
Fungsi ginjal yang menurun dapat disebabkan karena kekurangan kadar fosfor dan juga protein yang bisa menyebabkan masalah. Untuk mencegah hal tersebuy, Anda juga bisa mencoba dengan mengonsumsi putih telur. Putih telur sendiri sangat bermanfaat juga dalam menjaga kesehatan organ ginjal Anda.
Kembang Kol
Kembang kol mempunyai banyak kandungan yang baik dalam membantu menjaga kesehatan ginjal. Kandungan yang terdapat di dalam kembang kol diantaranya seperti indole, glucosinolate, dan thiocyanate. Kandungan tersebut membantu menyingkirkan racun di dalam tubuh sehingga membuat organ ginjal terjaga dengan baik.
Kecambah
Sumber makanan yang baik untuk menjaga kesehatan ginjal berikutnya adalah kecambah. Nah bagi Anda yang mempunyai penyakit seperti batu ginjal atau juga ingin terhindar dari penyakit tersebut sebaiknya Anda juga mengonsumsi kecambah. Ini dikarenakan kecambah bagus dikonsumsi dalam kondisi mentah atau setelah dicuci bersih. Kecambah berperan dalam membantu membersihkan ginjal serta mencegah terjadinya resiko dari batu ginjal.
Minyak Zaitun
Berikutnya adalah minyak zaitun yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan serta kecantikan pada tubuh. Ini dikarenakan minyak zaitun juga mengandung anti inflamasi asam lemak, sehingga membantu dalam menurunkan oksidasi serta menjaga kesehatan pada organ ginjal. Nah itulah tadi pembahasan mengenai beberapa sumber makanan yang baik untuk kesehatan ginjal yang bisa Anda ketahui.

Baca

No comments:

Post a Comment